Saturday, 6 February 2016

Tips - Tips Agar Laptop Tidak Cepat Panas dan Hang

Banyak orang mengeluhkan laptopnya mengalami over heat atau panas berlebih pada saat digunakan, bahkan tidak hanya laptop tetapi perangkat (Gadget) yang lainnya juga seperti smartphone, televisi, dan lain-lain sebenarnya masalah over heat ini adalah masalah yang lumrah ya alias masalah kecil tetapi jika tidak ditangani dengan benar maka bisa-bisa akan menjadi masalah yang besar Brother and Sister, ya kalau kata pepatah itu "sedikit lama-lama menjadi bukit".

kebanyakan orang menyalahkan brand atau penjual laptop tersebut ya, sebenarnya itu benar dan tidak baik karna bisa-bisa kita menjatuhkan brand atau penjual tersebut, tetapi masalah ini sebenarnya ada pada diri kita sendiri dalam menjaga dan merawat gedget kita.

Nah kali ini Erlan Magic akan membagikan tips-tips agar laptop tidak cepat panas, ya langsung saja kepermasalahan ya..

laptop yang sering cepat panas biasanya disebabkan oleh beberapa sebab yaitu:
  1. Sering lamanya kita menggunakan laptop kita untuk bermain game yang spesifikasinya yang tinggi ya contohnya game GTA, MOTO GP, dll dan game-game tersebut tidak berjalan alias hang.
  2. Window tidak merespon saat digunakan.
  3. Banyaknya aplikasi yang kita jalankan alias multi tasking dalam satu waktu.
dari beberapa penyebab diatas sebenarnya masih banyak lagi penyebab yang lainnya, tapi temukan sendiri ya...?? soalnya sudah malam abang warnetnya sdah mau tutup nich hehehe.

nah jadi cara penanggulangannya gimana dong..??

oke kita bahas ya cara penanggulangannya, disini saya akan menjelaskan dari dua sisi alias dua bagian ya, yaitu:
  1. Hardware (Perangkat keras)
Baik yang pertama Hardware, disini Brother and Sister harus mengecek apakah di bagian pentilasi udara laptop alias lubang angin kipas terhalangi oleh benda atau objek yang lain karna akan menghambat laju aliran udara panas yang keluar dari komponen laptop, perlu diketahui juga laptop tidak diperbolehkan diletakkan dan digunakan diatas kasur, pokoknya tempat-tempat empuk deh karna dapat menutup ventilasi laptop.

selanjutnya masih tetap pada bagian hardware dan bagian ventilasi karna bagian ini adalah bagian yang sangat penting Brother And Sister karna bagian ini lah tempat bernapasnya laptop, bayangin jika kita ada didalam ruangan yang tidak ada ventilasinya kan sulit bernapas, hehehe. kali ini kita Brother And Sister harus bongkar laptopnya untuk mengecek apakah banyak debu yang menempel pada kipas laptop tidak...?? jika ya, maka harus  dibersihkan....

cara yang baik membersihkan debu dibagian kipas laptop dan rumahannya alias headsingnya adalah dengan cara menyemprotnya dengan angin kompresor, ya jika tidak ada ya dengan cara ditiup juga nggak apa - apa asalkan jangan terhirup aja debunya.

selanjutnya perhatikan lingkungan tempat anda menggunakan laptop, ya jika anda menggunakan di ruangan yang ber-AC ya nggak masalah, tetapi jika menggunakannya diluar ruangan dengan sinar matahari yang terik ya saya saranin nggak usah deh, karna dapat mempercepat panas pada laptop anda dan yang terakhir selalu perhatikan intensitas debu di lingkungan anda, ya itung - itung ngurangin beban membersihin laptop tiap bulan.
     2. Software (Perangkat Lunak)
 Disini yang dimaksud Perngkat lunak (Software) bukannya laptop itu memiliki perangkat yang lunak seperti roti ya..?? perangkat lunak disini yaitu aplikasi yang digunakan, kebanyakan dari masyarakat menjalankan aplikasi yang banyak sekali dalam satu waktu ya contohnya sedang mengetik menjalankan aplikasi music, dan banyak lagi aktivitas yang lainnya yang menyebabkan laptop cepat panas.
nah cara untuk biar laptop tidak panas kalau dari bagian software, yaitu
  1.  kita harus menutup aplikasi yang tidak digunakan,
  2. mengatur power plan (caranya cari sendiri ya di puyang google)
  3.  menggunakan mode power saver.

KESIMPULAN
nah cara diatas adalah cara yang sangat mudah dilakukan untuk menjaga agar laptop tidak cepat panas dan Hang, tetapi jika laptop Brother And Sister tetap saja over heat dan macet - macet alias hang maka Brother And Sister coba cek pasta prosesornya apakah sudah kering...?? jika kering maka harus di oles kembali, ya jika tidak punya pasta prosesor Brother And Sister jangan kuwatir karna dapat membelinya ditoko komputer atau jika malas ya terpaksa memakai pasta gigi sebagai pengganti pasta prosesor, akhir kata semoga ARTIKEL ini bermanfaat bagi semuanya....

Sumber: Dari berbagai Artikel dan ditulis ulang alias disimpulkan sendiri.

2 comments:

  1. Nice Infonya jangan Lupa Kunjungi blog saya :)
    http://carajitubray.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke,trima kasih sudah berkunjung ke blog saya

      maaf telat balasnya...

      Delete